Selasa, 04 Oktober 2016

DEFINISI KEBUDAYAAN

NAMA : ADI HERDIANSYAH
NPM : 1B214929
KELAS : 1EA03 (TEA14)

DEFINISI KEBUDAYAAN MENURUT PARA AHLI BESERTA BIOGRAFI SINGKAT AHLI


  • Prof. Dr. Koentjoroningrat
"Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar."
Biografi singkat
Terlahir dengan nama Kanjeng Pangeran Haryo. Lahir di Yogyakarta pada tanggal 15 Juni 1923. Beliau merupakan seorang antropolog. Beliau terlahir di lingkungan keluarga Pakualaman. Ayahnya bernama R.M. Emawan Brotokoesomo merupakan seorang pamong praja Pakualaman. Ibunya bernama R.A. Pratisi Tirtotenojo merupakan seorang penerjemah Bahasa Belanda di lingkungan Pakualaman. Beliau mendapatkan gelar Sarjanan Sastra pada tahun 1952 dari Universitas Indonesia. Kemudian mendapatkan gelar Magister Antropologi pada tahun 1956 dari Universitas Yale, Amerika Serikat, dan gelar Doktor Antropologi pada tahun 1958 dari Universitas Indonesia. Beliau wafat pada tanggal 23 Maret 1999 di Jakarta.
  • Ki Hajar Dewantara
"Kebudayaan adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselematan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai."
Biografi singkat
Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Hari kelahiran beliau ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Ki Hajar Dewantara merupakan seorang pemerhati pendidikan, kebudayaan, dan juga politisi. Kontribusinya untuk kemerdekaan Indonesia dituangkan dengan mendirikan organisasi Indische Partij bersama Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo pada tahun 1912. Ketiga orang tersebut dikenal dengan sebutan Tiga Serangkai. Kontribusinya untuk pendidikan Indonesia dibuktikan dengan mendirikan Taman Siswa di Yogyakarta pada tahun 1922. Ki Hajar Dewantara wafat pada tanggal 26 April 1959.
  •  Sutan Takdir Alisyahbana
"Kebudayaan merupakan manifestasi dari cara berpikir."
Biografi singkat
Lahir di Natal, Sumatera Utara, pada tanggal 11 Februari 1908. Beliau merupakan penulis novel dan sastrawan. Buku – buku novel yang pernah ditulis oleh Beliau diantaranya Tak Putus Dirundung Malang (1932), Dian yang Tak Kunjung Padam (1932), Layar Terkembang (1936), dan Anak Perawan di Sarang Penyamun (1940). Beliau merupakan pendiri Majalah Poedjangga Baroe pada tahun 1933, dan memimpin majalah tersebut pada tahun 1933 s/d 1942 dan 1948 s/d 1953. Beliau wafat pada tanggal 17 Juli 1994 di Jakarta.
  •  R. Soekmono
"Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan."
Biografi singkat
Lahir di Brebes pada tanggal 14 Juli 1922. Beliau merupakan seorang arkeolog. Beliau mendapatkan gelar Sarjana Sastra dari Universitas Indonesia pada tahun 1953. Setelah lulus dari studi sarjananya, Beliau diangkat menjadi Kepala Dinas Purbakala Republik Indonesia. Jabatan ini dipangkunya hingga tahun 1973. Beliau pernah memimpin proyek pemugaran Candi Borobudur pada tahun 1970, sebuah proyek yang didanai oleh pemerintah Indonesia dan UNESCO. Beliau wafat pada tanggal 9 Juli 1997 di Jakarta.
  •  Sir Edward B. Tylor
"Kebudayaan adalah keseluruhan komplek dari ide dan segala sesuatu yang dihasilkan manusia berdasarkan pengalaman historisnya."
Biografi singkat
Lahir di Camberwell, London, pada tanggal 2 Oktober 1832. Beliau merupakan seorang antropolog berkebangsaan Inggris. Beliau merupakan Profesor Antropologi dari Universitas Oxford dan merupakan pencetus Evolusi Kebudayaan. Beliau wafat pada tanggal 2 Januari 1917 di Wellington, Inggris.
  • Ralph Linton
"Kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku yang unsur – unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu."
Biografi singkat
Lahir di Philadelphia pada tanggal 27 Februari 1893. Beliau merupakan seorang antropolog berkebangsaan Amerika Serikat. Beliau mendapatkan gelar Master Antropologi dari Universitas Pennsylvania dan mendapatkan gelar Ph.D. dari Universitas Columbia. Beberapa karya ilmiahnya di bidang antropologi diantaranya The Study of Man (1936) dan The Tree of Culture (1951). Beliau wafat pada tanggal 24 Desember 1953 di New Haven, Amerika Serikat.
  •  Bronislaw Malinowski
"Kebudayaan adalah keseluruhan kehidupan manusia yang integral yang terdiri dari berbagai peralatan dan barang – barang konsumen, peraturan untuk kehidupan masyarakat, ide – ide dan hasil karya manusia, keyakinan, dan kebiasaan manusia."
Biografi singkat
Lahir di Krakow, Polandia pada tanggal 7 April 1884. Beliau merupakan Bapak Antropogi Sosial. Beliau mendapatkan gelar Ph.D. dari Universitas Jagiellonian. Beliau wafat pada tanggal 16 Mei 1942 di New Haven, Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar